Kelingking beach

Nusa penida terletak di tenggara pulau  bali, jaraknya sekitar 45 menit menggunakkan fast boad. Tapi bagi kalian yang ingin menggunakan ferry mungkin di tempu agak lama dan pelabuhan keberangkatan nya pun berbeda dengan fast boad. Kalian harus ke padang bay terlebi dahulu.

Tidak perlu khawatir jika ingin ke nusa penida, karena kapal kapal yang akan mengantarkan kalian kesana lumayan banyak dan juga tentu saja kapalnya bagus bagus (kecuali ferry sekali sehari). Tempat keberangkat nya dari pantai matahari terbit sanur, karena hampir semua fast boat memilki kantor di sanur. Kalian bisa langsung datang dan membeli tiket di sana.

Harga tiket fast boat ke nusa penida adalah 75 ribu rupiah per orang untuk satu kali perjalanan (mungkin sekarang ada kenaikan). Waktu keberangkatan yang ideal itu pukul 8.00 dari sanur, agar kita punya lebih banyak waktu untuk mengelingi pulau. Sedangkan waktu kembali dari nusa penida sekitar pukul 16.00.

kapal yang kami tumpangi ke nusa penida (sumb.foto/www.casplabaligroup.com)

Tepat pukul 8.00 para wisatawan di minta untuk naik keatas fast boat. Kira kira jumlahnya 40 orang, kebetulan kami menggunakan boat yang agak kecil. Boat pun melaju perlahan pertanda kami sudah berangkat. di dalam fast boat orang sibuk mengobrol dengan bahasa masing masing, dikarenakan banyak bule yang ke nusa penida. hanya saya dan teman saya yang orang lokal.

Pantai sanur semakin terlihat menjauh karena laju boad yang semakin kencang dan makin kencang hingga penyakit lama saya kambu alias mabuk.

Setelah hampir 25 menit perjalanan kapal kami pun melewati perairan nusa lembongan. untuk di ketahui nusa lembongan merupakan salah satu pulau kecil dan destinasi populer untuk mereka yang gemar wisata bawah laut.

Boat tiba tiba melaju dengan perlahan dan berhenti di dermaga kecil yang jika saya perhatikan selalu saja goyang goyang. kami lalu di minta turun."Kita sudah sampai" kata awak kapalnya. ooo ia boat yang kami tumpangi nama nya KASPLA, boat nya dominan warna kuning.

Begitu tiba di pelabuhan kami langsung di sampari sama bapak bapak. Sewa motor mas? tanya bapak itu. ooo iah pak, berapa sehari?. 60 rb mas. ok!!!.
Tidak sulit mencari sewa motor disini, sebab penyewa motor akan langsung menghampiri kalian saat  turun dari kapal.

Waktu sudah menunjukan pukul 9.00, saya dan teman sayapun lansung meluncur ke tujuan pertama kami yaitu Kelingking Beach. Jarak nya luman jauh dari pelabuhan , sekitar  40 menit perjalanan. Tidak lupa kami mengisi bensin terlebi dahulu, dikarena kan harga sewa motor belum termasuk bensin.

Kelingking Beach
Jalan menuju kelingking beach lumayan mengasikan. jalanan nya berliku dan juga aspalnya masih belum hotmit serta pemandang indah di sepanjang jalan. ooooiyah, jalan disini kecil dan bergelombang jadi mengendarai sepeda motornya harus hati hati. Setelah menempu perjalanan yang melelahkan akhirnya kami pun tiba di kelingking beach. saya kira kelingking beach itu sama kayak pantai kuta, begitu turun dari motor jalan sebentar doang langsung ketemu pantainya. ternya oh ternya jauh berbeda.

Kelingking beach

Jika ingin menikmati pantai kita mesti turun melewati tangga yang sangat curam dan kecil. Dari atas sih pantai nya terlihat bersih dengan pasir yang putih mengkilap serta air yang jernih berwarna hijau, saya harap sesampai di bawah benaran tidak ada sampah. saya dan teman saya pun memutuskan untuk turun. lalu kami ikut mengantri untuk melewati tangga alami yang telah di buat untuk jalan menuju pantai. Turunan disini sangat curam jadi kita mesti hati hati. Jika ada orang dari arah berlawanan mesti salah satu mengalah dan memberikan jalan agar antrian tidak terlalu panjang. Sepanjang jalan tidak ada pohon, sudah pasti akan terasa panas menyengat.

Setelah selesai menikmati suasana kelingking beach, kami lalu memutuskan untuk pergi berenang di mata ir tembeling.

Mata Air Tembeling
Butu tenaga ekstra untuk pergi ke mata air tembeling, itu di karenakan jaraknya yang sangat jauh dari pemukiman warga dan juga terleta di dalam hutan. Jalan menuju kesanapun tidak bagus. Kita harus menyusuri jalan berbatu untuk menuju kesana dari tempat parkiran sepeda motor.

Kita akan mendapatkan sensasi yang luar biasa saat melewati jalanan disini. Mulaui dari pohon pohon yang masi terja kelestarianya hingga binatang binatang penghuni hutan akan kalian jumpai.

Jarak dari parkiran motor ke mata air berkisar 2 km, sangat cocok bagi kalian pecinta trekking.

Telaga tembeling
Kami pun tiba di telaga kecil ini yang airnya benar benar jernih. Buaaar,,,kami satu per satu melompat ke dalam telaga. airnya sangat dingin. Cocok sekali untuk berendam setelah perjalanan panjang dan berliku intuk kesini. Tidak banyak orang kesini, mungkin karena kejauhan atau atau mungkin belum terlalu populler.

Setelah puas menikmati air segar di mata air tenggeling, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya yaitu ANGEL BILABONG dan BROKEN BEACH  untuk menikmati sunset.

Angel Bilabong & Broken Beach

Jalan menuju angel bilabong dan ke broken beach tak kala ekstrimnya dan mungkin paling ekstrim. bagaimana tidak? jalanan yang tak beraspal dan berdebu tentu saja akan membuat badan akan terasa capek saat mengendarai sepeda motor. kondisi jalanya menurun, bergelombang serta berdebu, lebih cocok untuk menggunakan motor trial bukan motor matic yang seperti kami gunakan.

Teman saya berfoto di ata kolam di angel bilabong

Setelah 30 menit perjalana melewati perkampungan warga lokal serta jalanan yang terjal, tibalah kami di tujuan yaitu angel bilabong. oooi ia, angle bilabong dan broken beach itu terdapat di satu tempat saja.  kita hanya berjalan kaki saja dari angel bilabong ke broken beach.

Angel bilabong terdiri dari  hamparan batu karang, tidak banyak yang bisa kami lakukan disini. Akan tetapi disini terdapat  satu kolam kecil. Kami pun mandi sebentar, sekalian mendinginkan badan yaang sudah sangat gerah diakibatkan perjalanan yang melelahkan. kami tidak terlalu lama berendam, sebab kolam kecil yang ada disini sangat berbahaya. Apa bila terjadi gelombang besar dari samudra hindia, maka kolam itu akan tergenang dan itu sangat berbahaya jika kita masih berada di bawah. Bisa bisa menghilang. Kami lalu berlanjut ke broken beach.

Broken beach

Broken beach tak kala mengagumkan dan membuat saya sedikit kecewa. karena namanya ada unsur beach nya membuat saya berpikir bahwa nanti sesampai di sana saya bisa rebahan di pasir sambil menunggu sunset yang indah. Dan ternyata   pantai yang ada disini sama sekali tidak dapat di gunakan, tapi hanya dapat dinikmati. Pantainya memang ada, hanya terdapat di dalam lubang besar yang membentuk sebuah lingkaran serta tidak ada jalan untuk turun. Lingkaran bersar ini pun memiliki satu lubang kecil juga, sebagai pintu untuk mengaliri air laut dari lautan luas yang ada di luar nya.

Terlepas dari itu semua, tempat ini memang sangat mengagumkan dan menurut saya unik. Sebuah pantai dengan pasirnya yang bagus tapi terdapat di dalam sebuah kawah kecil dengan kedalam kira kira 10 meter. Andaikan bisa turun saya ingin berlama lama di bawah sana, menikmati suasana sempit di dalam kubangan itu. Jika saya perhatikan juga, pantai yang ada di bawah sana usianya mungkin tidak sepanjang hari. Sebab jika terjadi air pasang, maka pantainya akan tertutup air laut yang memenuhi lubang tersebut.

Hari sudah semakin sore. broken beach menjadi  menjadi destinasi terakhir kami. Setelah beristirah sebentar untuk memulihkan tenaga akhirnya kami memulai perjalanan pulang. Karena waktu sudah tidak memungkinkan kami untuk langsung kembali ke pulau bali, kami lalu memutuskan untuk menginap semalam di nusa penida dan melanjutkan perjalanan pulang esok pagi.

sunset di angel bilabong
Kami menginap di manta home stay, letaknya ke arah timur dari pelabuhan. dari sini bisa juga menikati sunrise. harga  perkamar untuk semalam di manta home satay adalah Rp. 350.000. Fasilitas doble tempat tidur, ac, kamar mandi + wifi ( hanya wifi nya lemot).